Friday, October 31, 2008

Pesan Veteran Irak Pada Obama Ngehits di YouTube

Washington - Masyarakat seringkali ingin menyampaikan aspirasinya pada para calon pemimpin. Dan di era internet ini, penyampaian aspirasi via situs berbagi video populer, YouTube, makin umum dilakukan.

Terkait pemilu Amerika Serikat (AS), banyak orang menyampaikan pesan khusus pada dua calon presiden, Barack Obama dan John McCain di YouTube. Namun video pemilu yang mencetak hits tinggi relatif sedikit.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, Jumat (31/10/2008), video terkait pemilu yang mencetak hits tertinggi adalah video berjudul 'Dear Mr Obama'. Video aspirasi yang ditujukan untuk Obama ini tercatat telah dilihat 11 juta kali.

Dalam video itu, seorang veteran perang Irak nampang di kamera untuk menyampaikan pesan pada Obama. Inti pesannya adalah, ia tak menyetujui pendapat Obama bahwa perang Irak adalah kesalahan. Menurut sang veteran itu, perang Irak adalah untuk memperjuangkan kebebasan. Karenanya, ia lebih memilih mendukung McCain.

Masih banyak video YouTube dengan tema penyampaian uneg-uneg pada para calon presiden ini. Cara penyampaiannya pun juga beragam, dari yang biasa-biasa saja sampai bernada kemarahan.

Pengaruh YouTube dalam kampanye pemilu di Amerika memang dinilai cukup signifikan. Kedua calon presiden rupanya tidak segan menggelontokan beragam video kampanye di YouTube untuk meraih simpati rakyat.

Khususnya bagi John McCain yang dana kampanyenya berada di bawah Obama, pemakaian YouTube yang hemat di ongkos dinilai cukup menolong mengangkat citra kandidat dari partai Republik ini.

Hal itu dikemukakan oleh Julie Germany, akademisi politik di George Washington University. Dia menyatakan bahwa tim kampanye McCain membuat keputusan strategis untuk lebih memanfaatkan daya YouTube ketimbang jor-joran dalam beriklan.

No comments: